d3tektro its

web forum keluarga besar d3 elektro its
 
IndeksFAQPencarianPendaftaranAnggotaGroupLogin

Share | 
 

 Komputer? Waspadai Repetitive Strain Injuries (RSI

Go down 
PengirimMessage
csetyawan

avatar

Jumlah posting : 362
Age : 34
Location : jakarta oke punya
Registration date : 08.12.07

PostSubyek: Komputer? Waspadai Repetitive Strain Injuries (RSI   Tue Jul 08, 2008 9:21 pm

Repetitive Strain Injuries (RSI) merupakan cedera (akibat) aktivitas berulang pada jaringan lunak sekitar persendian. Termasuk kelompok ini Sindroma terowongan Karpal (carpal tunnel syndrome), radang tendon (tendinitis), nyeri kronik leher dan punggung. Di Amerika merupakan penyebab utama gangguan yang dialami usia pekerja. Bagaimana di Indonesia? Kalau dulu tamu saya banyak jurnalis , sekarang mahasiswa dan pekerja muda, datang dengan keluhan "penyakit (seperti) orang tua". Dan kambing hitamnya ialah......komputer!

Kemungkinan terjadi pada usia makin muda bisa saja terjadi. Komputer bukan saja masuk program sekolah, dengan komputer ada di rumah tangga, anak akan ikut. Kedua anak saya (saat Sekolah Dasar) , saat liburan sekolah hanya berlibur satu minggu, hari libur yang lainnya untuk les komputer . Usia sekolah saat ini, merupakan angkatan kerja di masa datang. Saatnya orang tua dan guru membantu pencegahan , agar tidak terjadi RSI.

Keluhan yang terjadi biasanya disampaikan sebagai kelelahan pada tangan, pegal pada pergelangan, baal pada jari-jari, sakit pada bahu, ataupun nyeri pinggang bawah. Bila keluhan ini ada , meskipun pada seseorang dengan usia muda, bisa jadi karena RSI. Pembahasan kali ini mencakup RSI yang sering terjadi: sindroma terowongan karpal, eye strain, dan nyeri pinggang dan bagaimana menghindarinya.

Sindroma terowongan karpal

Carpal tunnel syndrome (CTS) terjadi bila pergelangan tangan pada posisi tertekuk kuat, baik ke atas maupun ke bawah, sehingga otot (sangat) tertarik. Pembuluh darah yang menyuplai wilayah pergelangan tangan terhambat, dan syaraf (menjadi ) terjepit. (Artikel terkait : Sindroma terowongan karpal).


Kelelahan Mata (Eye strain )

Mata tidak dirancang untuk pandangan (hanya) jarak sama , dengan waktu panjang. Bila hal tersebut terjadi, mata dapat terasa sakit, lelah, kering , ataupun pandangan menjadi kabur.

Nyeri leher dan punggung

Keadaan yang tak jarang dikeluhkan. Pada dasarnya karena sikap tubuh yang kurang tepat, sehingga mengurangi aliran darah untuk beberapa otot. Otot itu menjadi kaku dan cedera.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
csetyawan

avatar

Jumlah posting : 362
Age : 34
Location : jakarta oke punya
Registration date : 08.12.07

PostSubyek: Re: Komputer? Waspadai Repetitive Strain Injuries (RSI   Tue Jul 08, 2008 9:24 pm

Posisi Tangan yang benar :




Posisi Tangan yang salah :



Harus Dihindari dan Pencegahannya

Sindroma terowongan karpal dan nyeri leher , serta punggung

Coba perhatikan saat Wikimuers menggunakan komputer. Apakah cenderung menumpukkan telapak tangan pada meja atau keyboard, sering pula dengan ibu jari terlipat di bawah keyboard atau meja. Berat tangan pada keadaan ini tertumpu pada tangan , menyebabkan tekanan pada tendon dan syaraf, menyebabkan hilangnya asupan darah.

Mengganti tempat tumpuan dengan meletakkan pergelangan tangan pada penumpu pergelangan tangan (wrist rest), bukanlah solusi. Sebaiknya membiasakan menggunakan keyboard tanpa menumpu (Touch type).

Pencegahan:

Wikimuers, istirahatlah 10 - 15 menit setelah bekerja dengan keyboard selama satu jam. Saat istirahat lakukanlah latihan yang melingkupi bahu, lengan dan tangan, serta leher dan anggota badan atas. Lakukan peregangan , hingga Wikimuers merasakan otot yang tertarik.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Komputer? Waspadai Repetitive Strain Injuries (RSI
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
d3tektro its :: ILMU :: Healthy-
Navigasi: